23 Feb 2013

Harlem Shake Yang Siap Gusur Gangnam Style


Face Artis - Pada 2012 lalu, goyang Gangnam Style telah meracuni banyak orang di dunia. Tapi kini, 2013, joget asal Korea Selatan itu telah tergusur oleh virus tari baru: Harlem Shake. Sama seperti Gangnam Style, Harlem Shake menjalari dunia melalui internet. Berdurasi 30 detik, tarian dengan konsep sederhana ini mendapat iringan musik dari DJ Baauer.

Tiap video klip terbagi dua babak. Awalnya akan dimulai dengan satu orang yang menari selama 15 detik. Sedangkan orang-orang di sekitarnya bersikap cuek, tak peduli dengan polah penari pertama. "Orang pertama biasanya mengenakan helm, topeng, atau kostum aneh," tulis Mail Online, Selasa, 12 Februari 2013.

Pada saat 15 detik usai, suasana dalam video sontak berubah. Orang-orang yang awalnya sibuk dengan kegiatan masing-sing, mendadak melakukan pelbagai gerakan tarian. Mengitari seantero ruangan, mereka seolah tengah menggila. "Para penari Harlem Shake bergerak tak beraturan, berbeda dengan Gangnam Style yang gerakannya telah dirancang penyanyi Korea, Psy."

Dalam Harlem Shake, sebagian besar penari melakukan gerakan yang seakan menyodorkan selangkangan, menggerakkan lengan ke atas dan bawah, atau berdiri di atas tangan. Dan menurut situs knowyourmeme.com, tarian ini sudah ada sejak 1981. Waktu itu dijuluki Al Bm, nama si penemu tarian. "Kemudian berubah menjadi Harlem Shake, merujuk ke nama wilayah Harlem, di New York."

Pencetus kepopuleran Harlem Shake di era internet sendiri tidak diketahui secara pasti. Tapi sebagian besar peseluncur dunia maya percaya gerakan ini tenar sejak 30 Januari 2013. Kala seorang blogger, Filthy_Frank, mengunggah rekaman empat pria bersetelan lateks yang menari dengan iringan musik Harlem Shake.

Musik DJ Baauer sendiri meluncur di YouTube pada 23 Agustus 2012. Berjudul Harlem Shake, durasi lagu ini mencapai 3 menit 16 detik. Dan baru benar-benar hit setelah ada gerakan Harlem Shake di YouTube.

"Kini Harlem Shake telah dilakukan di banyak negara," tulis Mail Online. "Pekerja kantoran, mahasiswa, bahkan petugas pemadam kebakaran tak ketinggalan ber-Harlem Shake dan mengunggahnya ke internet." sumber:viva forum

Artikel Terkait gosip artis

Judul: Harlem Shake Yang Siap Gusur Gangnam Style; Ditulis oleh ZZZ; Rating Blog: 5 dari 5